7 Peluang Usaha Agribisnis dengan Keuntungan Paling Besar

Peluang Usaha Agribisnis – Peluang usaha memang tidak mengenal tempat dan waktu, dalam hal ini bisa mengincar sisi apa saja yang penting bisa menghasilkan uang. Menurut tren sendiri saat ini, bidang Agribisnis sangat diincar karena hasilnya sangat menjanjikan.

Bagaimana soal hitungannya? Misalkan saja menanam cabe, mengingat harga cabe yang bisa meningkat sewaktu-waktu, anda hanya butuh beberapa petak ruang saja untuk menanamnya. Dengan perawatan yang baik dan tepat akan menghasilkan cabe yang sangat banyak lagi apalagi pasarannya tidak akan mati.

Suka duka masuk ke dalam bidang Agribisnis ini memang ada banyak sekali, bagi mereka yang tahan terhadap risiko dan gangguannya bisa menjadi orang yang sukses dengan mudah.

Perlu diingat kembali karena masing-masing dari tanaman memiliki risiko dan musuhnya (hama dan penyakit) sendiri.

Peluang Usaha Agribisnis yang Menguntungkan

1 ) Tanaman Obat

peluang-usaha-agribisnis-2
Tanaman obat

Hanya sedikit orang saja yang paham terhadap Agribisnis yang mengambil peluang ini. Tanaman obat ini tergolong mudah dijual apalagi jika sudah tahu segmen pasarnya akan sangat menguntungkan.

Bisa dilihat sendiri kebanyakan Agribisnis mengincar tanaman obat seperti jahe, jeruk purut, lengkuas, kencur, dan masih banyak lagi. Kebanyakan memang rimpang karena yang mudah dijual dan segmen harganya semakin meningkat.

Jika anda jeli masuk pada bisnis ini memiliki risiko yang sangat kecil dibandingkan dengan makanan pokok sehari-hari.

2 ) Sayuran Konsumsi

peluang-usaha-agribisnis-3
Sayuran konsumsi

Peluang usaha Agribisnis selanjutnya yang juga menguntungkan adalah sayuran konsumsi setiap hari. Alasan memilih sayuran ini sebagai bisnis selain selalu dibutuhkan setiap hari juga harga pasarnya cukup lumayan.

Jika anda paham tentang hidroponik tidak akan khawatir memiliki lahan yang sempit karena dengan perawatan yang tepat akan membuat hasil semakin melimpah.

Beberapa petani sayuran yang menggunakan sistem hidroponik bisa menghasilkan sayuran lebih banyak dibandingkan dengan petani biasa.

3 ) Usaha Cangkok dan Bibit

peluang-usaha-agribisnis-4
Ternak Bibit

Siapa bilang usaha bibit dan cangkok tidak menghasilkan? Justru dengan modal yang sedikit anda bisa melipatgandakan keuntungan yang diperoleh.

Sasaran penjualannya jangan mengincar pribadi namun bisa mengincar komunitas di desa atau kerja sama dengan badan pemerintahan (dinas Kehutanan) nantinya anda akan mendapatkan order rutin dari badan tersebut.

4 ) Tanaman Hias

peluang-usaha-agribisnis-5
Tanaman hias, bunga

Beberapa orang yang sudah menjalankan bisnis ini sudah bisa menghasilkan untung yang banyak. Tidak hanya dari satu jenis tanaman hias saja yang bisa dimanfaatkan maka dari itu peluangnya masih sangat tinggi.

Pemeliharaannya juga tidak sulit dan tidak membutuhkan dana yang begitu besar. Anda bisa mengawali usaha Agribisnis ini dengan membudidayakan tanaman hias.

5 ) Jamur

peluang-usaha-agribisnis-6
Jamur konsumsi

Bagi petani jamur sekarang ini sudah tidak heran lagi mendapatkan untung yang banyak. Penjualannya sendiri tidak hanya pasaran lokal namun sudah merambah kancah luar negeri.

Peminat tetapnya sendiri seperti Jepang, Korea, Eropa, dan masih banyak lagi. Menurut survei peluang usaha Agribisnis tahun ini saja mengatakan peluang besar bisa didapatkan dari bisnis jamur.

6 ) Tanaman Buah

peluang-usaha-agribisnis-7
Buah-buahan

Tanaman hias juga menjadi salah satu peluang yang menguntungkan terlebih lagi jika tahu bagaimana memaksimalkan tanaman buah tersebut.

Banyak panduan di internet yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk memaksimalkan hasil buah dan tanamannya tersebut. Sekarang ini saja banyak petani yang mulai mengincar bidang ini.

7 ) Bonsai

peluang-usaha-agribisnis-8
Tanaman bonsai

Peluang usaha Agribisnis yang terakhir adalah tanaman bonsai, baik tanaman hias bonsai atau tanaman buah bonsai. Peminatnya sendiri dari kalangan atas karena digunakan sebagai hiasan.

Memang ketika melihat tempat yang menjual tanaman ini tidak begitu ramai karena sistem jual belinya memang tidak begitu banyak. Namun yang sangat menjanjikan adalah pengetahuan pasar dan relasi yang menguntungkan.

Anda tidak lagi berusaha mencari pelanggan tersebut karena nantinya mereka yang akan datang sendiri ke tempat anda.

Beberapa informasi tentang peluang usaha Agribisnis tersebut sangat menguntungkan. Memang yang namanya bisnis usaha harus merintis dari awal dan merasakan suka duka dari bidang yang diambil. Lebih baik untuk tidak berganti bidang karena jika tahan lama dalam usaha tersebut dan bertekun dalam pengembangannya akan menghasilkan pendapatan seperti yang diinginkan.