Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Perusahaan

Cara meningkatkan produktivitas karyawan – Karyawan merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, berbeda dengan sumber daya yang lain, karyawan merupakan sumber daya yang spesifik karena memiliki perilaku dan perasaan serta akal dan tujuan hidup yang ingin dicapai, seorang karyawan dapat dikatakan produktif apabila mampu bekerja secara konsisten dan mampu menghasilkan kinerja dengan baik bahkan selalu diusahakan lebih baik lagi.

Bagi sebuah perusahaan, produktivitas seorang karyawan akan sangat mempengaruhi pada perkembangan perusahaan itu sendiri, karena sebuah perusahaan akan lebih berkembang bila memiliki karyawan yang profesional, terampil dan memiliki etos kerja yang tinggi.

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan di perusahaan ?

Untuk meningkatkan produktivitas seorang karyawan memang tidak mudah, karena tidak cukup hanya dengan terus mendorong ataupun memberi motivasi kepada mereka untuk bekerja lebih keras, karena dalam menunjang motivasi kepada karyawan di butuhkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Banyak strategi yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin atau leader dalam perusahaan, yaitu diantaranya:

1 ) Memberikan lingkungan kerja yang baik, strategi ini merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas para karyawan dalam perusahaan. Lingkungan kerja yang dimaksud disini yaitu berupa fasilitas kerja, suasana kerja, interaksi dengan sesama karyawan, keamanan dan keselamatan kerja. Sehingga dengan begitu karyawan akan selalu merasa nyaman dan optimis dalam bekerja.

2 ) Memberikan pelatihan, pelatihan atau training akan berpengaruh besar pada kinerja karyawan. karena dengan adanya pelatihan mampu menambah pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam bekerja selain itu juga untuk meningkatkan pola pikir dari karyawan tersebut. Cara meningkatkan produktivitas karyawan dengan pelatihan sangat penting bagi setiap karyawan di perusahaan supaya dapat bekerja secara profesional terutama bagi karyawan baru.

3 ) Melakukan pengawasan, peningkatan produktivitas karyawan yaitu dengan pengawasan disini terdiri dari pengawasan atasan secara langsung dan sistem pengendalian manajemen, strategi ini perlu dilakukan supaya karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya dapat segera diketahui dan dipantau, sehingga bila terjadi penyimpangan dari tujuan atau target yang ditentukan, maka akan segera dapat dilakukan perbaikan.

4 ) Beri reward dan hukuman pada karyawan, Banyak karyawan yang sebenarnya memiliki potensi yang lebih, namun terkadang mereka takut untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Untuk itu beri mereka reward atas keberhasilan yang diraih sehingga reward tersebut juga akan membantu meningkatkan kemampuannya dan supaya lebih bersemangat dalam bekerja.

Selain itu hukuman atau punishmen perlu diterapkan karena itu juga dapat menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja, hukuman diterapkan supaya karyawan bekerja sesuai dengan aturan khususnya dalam manajemen waktu.

5 ) Beri motivasi untuk maju, dengan adanya motivasi maka karyawan akan mendapatkan kekuatan tersendiri dalam bekerja, motivasi menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan yang efektif namun juga harus ditunjang dengan strategi pendukung yang lain untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Cara meningkatkan produktivitas karyawan perlu diterapkan oleh pimpinan perusahaan karena menjadi salah satu cara yang mudah untuk meningkatkan usaha. Produktivitas karyawan akan sangat berpengaruh pada produktivitas perusahaan dan tentunya juga akan berpengaruh pada kenaikan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Kemudian yang perlu diperhatikan juga untuk menjalankan strategi guna peningkatan produktivitas pada karyawan di perusahaan maka tidak hanya memperhatikan pada satu aspek saja, melainkan harus dijalankan secara menyeluruh dan terintegrasi satu sama lain.

Deskripsi : Cara meningkatkan produktivitas karyawan harus dilakukan dengan strategi yang tepat dan harus dilakukan secara menyeluruh dan saling berintegrasi satu dengan yang lain.