Mengukur Produktivitas Kerja Seorang Karyawan Di Bank

Mengukur produktivitas karyawan bank – Saat ini pertumbuhan bisnis perbankan di Indonesia dinilai cukup pesat, bahkan terdapat sekitar 123 bank dan belum termasuk bank rakyat yang terdapat di daerah – daerah yang beroperasi di wilayah Indonesia, sehingga wajar bila banyak orang yang mengincar untuk dapat bekerja di bidang perbankan dan keuangan, karena selain mendapatkan gaji yang cukup tinggi tetapi pekerjaan di bidang keuangan akan mendatangkan prestise tersendiri, untuk itu tidak jarang juga bila saat ini banyak bisnis perbankan yang saling bersaing dan untuk dapat memenangkan persaingan di dunia bisnis maka perusahaan biasanya menuntut karyawan untuk meningkatkan kinerjanya guna mencapai target yang diharapkan.

Bagaimana cara mengukur produktivitas karyawan Bank?

Untuk mencapai target dari bisnis perbankan pada umumnya Bank akan menuntut karyawan untuk meningkatkan produktivitasnya, tetapi yang menjadi masalah saat ini dalam ketenagakerjaan di Indonesia adalah produktivitas tenaga kerja yang masih rendah tidak terkecuali untuk karyawan Bank. Pada masa sekarang persaingan di dunia bisnis yang semakin meningkat karena keadaan perekonomian yang selalu berkembang, dan dimana sistem perekonomian pasar lebih dominan.

Sehingga perusahaan termasuk Bank diharapkan selalu terus berkembang untuk mencapai laba yang diinginkan dan harus dapat mengikuti perkembangan perekonomian untuk dapat bertahan dalam persaingan. Untuk itu perusahaan harus memikirkan aspek kualitas serta perlu meningkatkan produktivitas tenaga kerjanya yaitu dengan cara selalu mengukur perkembangan kinerja dari karyawannya.

Tenaga kerja atau karyawan Bank merupakan salah satu komponen terbesar dalam perusahaan, kemudian menurut seorang pakar Sukanto, produktivitas adalah peningkatan produksi dimana terjadi perbandingan yang membaik jumlah sumber daya manusia yang dipergunakan (masukan) dengan jumlah barang-barang dan jasa-jasa yang diproduksikan (keluaran).

Sehingga peningkatan produktivitas terjadi bila keluaran yang sama dapat dihasilkan dari masukan yang lebih sedikit atau menghasilkan keluaran yang lebih banyak untuk masukan yang sama. Dengan begitu cukup mudah untuk mengetahui produktivitas karyawan dari tahun ke tahun termasuk juga untuk mengukur produktivitas karyawan bank saat ini.

Pengukuran produktivitas karyawan dapat dilakukan bila perubahan produktivitas terhadap waktu dinyatakan melalui indeks-indeks produktivitas, yang diperoleh dari indeks masukan dan keluaran. Dalam manajemen operasi, produktivitas karyawan diukur dari rasio antara berapa nilai yang diberikan karyawan kepada perusahaan dan berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk karyawan yang ada. Rumus ini bisa diterapkan pada kelompok kerja (team work), lini produksi, pabrik, gudang, kantor, dan lain sebagainya termasuk untuk mengukur produktivitas karyawan bank.

Mengukur produktivitas karyawan bank bermanfaat untuk memberikan informasi guna menentukan dan mengevaluasi kecenderungan perkembangan produktivitas Bank dari waktu ke waktu dan memberikan informasi dalam mengevaluasi perkembangan dan efektifitas dari perbaikan terus menerus yang dilakukan oleh Bank tersebut. Jadi produktivitas dapat dikatakan tinggi atau rendah bila telah dibandingkan dengan standar masa lalu.

Pengukuran produktivitas karyawan merupakan cara untuk meningkatkan produktivitas suatu perusahaan. Mengukur produktivitas karyawan bank berdasarkan nilai tambah untuk mengetahui seberapa besar produktivitas karyawan dari tahun ke tahun dan mengetahui apakah faktor-faktor seperti penjualan dan biaya tenaga kerja mempengaruhi produktivitas karyawan pada suatu perusahaan atau Bank.

Kegunaan pengukuran produktivitas bagi suatu perusahaan adalah untuk memperbaiki cara kerja dan dapat mengetahui hal yang menjadi faktor dari berkurangnya produktivitas dan memperbaharui hal tersebut untuk meningkatkan laba yang diinginkan sesuai dengan target.

Deskripsi : Mengukur produktivitas karyawan bank penting dilakukan karena sebagai cara untuk meningkatkan produktivitas Bank dan untuk bertahan dalam persaingan di dunia bisnis perbankan.