4 Hal yang Harus Anda Siapkan Ketika Akan Melakukan Permohonan Kenaikan Gaji

Setiap orang pastinya menginginkan peningkatan dalam hidupnya. Bagi seorang karyawan peningkatan tersebut bisa berupa kenaikan gaji. Jika Anda merasa gaji yang diterima setiap bulan belum sepadan dengan kerja keras yang Anda lakukan untuk perusahaan jangan langsung ambil keputusan untuk resign. Cobalah untuk meminta kenaikan gaji. Hal tersebut lumrah dilakukan dalam dunia kerja. Dalam mengajukan permohonan gaji pun juga ada aturannya tidak bisa main tuntut kenaikan gaji. Bukannya Anda mendapat respon baik dari perusahaan justru malah sebaliknya. Di bawah ini akan dijelaskan tips melakukan permohonan kenaikan gaji yang bisa Anda lakukan. 

4 Tips Melakukan Permohonan Kenaikan Gaji

1 ) Pencapaian Anda untuk Perusahaan

tips-melakukan-permohonan-kenaikan-gaji

Perusahaan tidak akan segan untuk menaikkan gaji karyawannya jika memang sekiranya pantas untuk mendapatkannya. Bagi Anda yang mencoba untuk meminta kenaikan gaji sebaiknya periksa dahulu rekam jejak pencapaian Anda untuk perusahaan. Rekam jejak pencapaian Anda untuk perusahaan tentunya yang bisa memberikan dampak positif terhadap perusahaan tersebut. Pada tips melakukan permohonan kenaikan gaji yang satu ini Anda harus bisa menunjukan prestasi yang telah Anda berikan untuk perusahaan dan berikanlah alasan yang logis dan akurat mengapa perusahaan harus menaikkan gaji Anda. Dengan seperti itu maka perusahaan bisa memaklumi permohonan kenaikan gaji Anda.

2 ) Pahami Kebijakan Perusahaan

tips-melakukan-permohonan-kenaikan-gaji-1

Anda tidak bisa seenaknya meminta permohonan gaji kepada perusahaan tanpa mengenal waktu dan kondisi. Perhatikan dan pahami tentang kebijakan perusahaan dalam menaikkan gaji karyawannya. Setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang berdasarkan lama karyawan tersebut mengabdi, performanya selama dia bekerja di perusahaan dan ada juga yang berdasarkan prestasi yang telah di capai untuk perusahaan. Anda juga harus mencari waktu yang tepat dalam mengajukan kenaikan gaji. Jika memang sekiranya Anda memiliki performa yang baik serta telah memberikan sejumlah prestasi maka tidak ada masalah jika ingin mengajukan kenaikan gaji. Hindari meminta kenaikan gaji ketika perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan karena sudah pasti permohonan Anda akan ditolak.

3 ) Mencari Tahu Perbandingan Gaji di Perusahaan Lain

tips-melakukan-permohonan-kenaikan-gaji-2

Sebelum Anda memutuskan untuk memohon kenaikan gaji, cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu gaji karyawan dengan jabatan yang sama di perusahaan lainnya. Jika Anda melakukan tips melakukan permohonan kenaikan gaji yang satu ini maka Anda bisa melakukan perbandingan terhadap gaji Anda dan bisa memberikan perkiraan kenaikan gaji yang dikehendaki secara wajar.

4 ) Bicarakan Secara Sopan dan Jelas

tips-melakukan-permohonan-kenaikan-gaji-4

Tips melakukan permohonan kenaikan gaji yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu namun tidak semuanya bisa menerapkannya secara benar. Ketika waktunya tiba, maka utarakan permohonan kenaikan gaji Anda secara sopan dan jelas. Tidak usah berbelit-belit karena perusahaan tidak punya banyak waktu untuk mendengarkan ucapan Anda yang terlalu berbelit-belit dan tidak jelas. Jika perusahaan meminta Anda untuk menyebutkan nominal gaji yang diingkan maka utarakanlah. Hindari ucapan yang bersifat mengancam kepada perusahaan. Hal tersebut justru akan memperburuk karir Anda.

Apakah Anda sudah siap untuk melakukan permohonan kenaikan gaji? jika memang sekiranya performa dan prestasi Anda di perusahaan baik maka tidak perlu sungkan apalagi takut karena itu juga menjadi hak Anda atas pencapaian yang dilakukan untuk perusahaan. Ke 4 tips melakukan permohonan kenaikan gaji diatas bisa menjadi panduan Anda dalam mengajukan permohonan gaji yang benar dan tepat.