7 Tips Memaksimalkan Profil Linkedin Agar Cepat Dilirik Perusahaan

7 Tips Memaksimalkan Profil Linkedin Agar Cepat Dilirik Perusahaan – Linkedin merupakan jaringan profesional yang memungkinkan seseorang bertemu langsung dengan bagian perusahaan yang membutuhkannya. Maka dari itu sangat penting sekali memaksimalkan profil dari Linkedin agar cepat dilirik oleh perusahaan. Ketika Anda masih menjalani masa belajar tidak ada salahnya untuk membuat jaringan di Linkedin karena perusahaan akan memantau aktivitas dan pencapaian dari beberapa orang yang diliriknya. Untuk itu Anda dapat memaksimalkannya dengan cara di bawah ini:

Menggunakan Foto Profesional

tips memaksimalkan linkedin 1

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam tips memaksimalkan Linkedin bisa dimulai dengan memberikan gambar yang profesional. Gambar profil ini akan dilihat pertama kali oleh perusahaan agar bisa lebih meyakinkan untuk merekrut Anda di kemudian hari. Anda perlu mengubahnya menjadi foto profesional dengan menggunakan pakaian yang sopan dan rapi. Dari foto tersebut juga akan memperlihatkan sifat asli Anda kepada perusahaan maka dari itu perlu waspada.

Informasi Profil yang Terkini

tips memaksimalkan linkedin 2

Tips memaksimalkan Linkedin yang kedua dengan memberikan informasi profil Anda terkini, maksudnya adalah perlu diubah sesuai pencapaian Anda dan kondisi aktivitas yang sedang dijalani. Misalkan Anda mendapatkan penghargaan atau sertifikat dari badan tertentu atau sedang berpindah kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Tentunya akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan dari sisi pengalaman.

Summary yang Menarik

tips memaksimalkan linkedin 3

Buatlah rangkaian kata yang menarik pihak perusahaan agar dapat melirik Anda. Tentunya isi dari summary tersebut sesuai kenyataannya. Misalkan Anda pandai dalam hal ini dan mendapatkan prestasi dalam bidang yang sama. Maka perlu Anda buat rangkaian yang sangat menarik, dalam sisi ini memang perlu sekali untuk menjual diri Anda maksudnya adalah menawarkan diri Anda untuk membuka kesempatan perusahaan baru.

Linkedin Bukan Sosial Media

Seperti halnya facebook dan twitter di mana Anda bisa mengatakan atau membagikan sesuatu hal dengan mudahnya. Tips memaksimalkan Linkedin selanjutnya adalah menghindari hal serupa untuk masuk di Linkedin karena media ini digunakan sebagai jaringan profesional Anda yang tidak boleh ada celah untuk memundurkan kesempatan yang akan datang.

Jangan Sinkronkan Linkedin Dengan Sosial Media

Memang sama halnya dengan jejaring sosial lainnya yang bersifat saling melihat profil di mana orang lain bisa melihat profil Anda dengan berbagai sosial media yang Anda gunakan. Jangan pernah untuk menyinkronkan Linkedin dengan sosial media karena beberapa perusahaan yang melirik Anda akan melihat kebiasaan dari sosial media ditambah lagi akan sangat mengganggu.

Hapus Spam

Beberapa orang yang tidak penting akan membagikan sesuatu yang tidak bermakna pada halaman beranda Anda sehingga perlu Anda hapus. Untuk relasi atau jaringan lain yang tidak penting (seperti penawaran MLM, penawaran obat, dan lainnya) bisa Anda hindari karena akan mengganggu profil yang sudah Anda buat.

Melihat Kembali Profil

Hal terakhir dalam tips memaksimalkan Linkedin adalah melihat kembali profil Anda karena beberapa ada yang kurang atau salah dalam penulisannya. Semakin sempurna profil yang Anda buat maka akan semakin mudah perusahaan untuk menemukan calon pegawai seperti Anda. Dengan melihat kembali profil akan membantu mengeliminasi banyak kesalahan yang sudah dibuat sebelumnya.

Tips tersebut sangat berguna mengingat jaringan Linkedin sangat diperlukan dalam hubungan kerja atau kerja sama antar perusahaan. Jaringan profesional dari Linkedin memang harus dibuat sempurna untuk menarik banyak relasi yang berpotensi di dalamnya. Itulah tips memaksimalkan Linkedin yang bisa menjadi bahan kajian Anda.