Cara Melakukan Pendekatan Dengan Orang/Karyawan Yang Introvert

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang memiliki kecenderungan tertutup. Orang menjadi introvert terkadang bukan merupakan kepribadian atau sifat aslinya yang tertutup. Bisa jadi orang menjadi introvert karena pengalaman panjang dalam hidupnya. Karena itu, cara melakukan pendekatan dengan orang introvert terkadang agak sedikit sulit. Pendekatan yang dilakukan harus memiliki tujuan yang spesifik agar orang introvert bisa lebih terbuka dan membuka diri.

Orang Introvert Dalam Dunia Kerja

cara-melakukan-pendekatan-dengan-orang-introvert-1

Dalam dunia kerja, kita sering menjumpai orang yang introvert atau tertutup. Orang introvert akan cenderung menutup hubungan social yang terjadi dalam lingkungan kerja mereka. Meskipun demikian, orang introvert biasanya dapat diAndalkan dalam bekerja dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu. Ciri orang introvert yang tertutup akan dianggap sebagai perilaku yang tidak menyenangkan karena menimbulkan suasana kerja yang dianggap suram.

Anda tidak bisa memaksa orang introvert untuk bersosialisasi dengan rekan kerja hanya untuk basa-basi. Hal tersebut terjadi karena, mereka cenderung menyukai hubungan yang tulus dan mendalam. Mereka akan memilih percakapan dua orang daripada dalam forum dengan banyak orang. Bila Anda ingin melihat ide dan produktifitas, cara melakukan pendekatan dengan orang introvert adalah dengan menanyakan dan berdiskusi secara langsung dan tidak dalam forum besar.

Mengukur Kecakapan Orang Introvert Dalam Kerjasama Tim

cara-melakukan-pendekatan-dengan-orang-introvert-2

Memiliki kepribadian introvert bukan berarti tidak bisa bekerjasama dalam tim. Bila Anda bekerjasama dengan orang introvert, Anda harus membagi tugas dengan detail dan spesifik. Hal tersebut akan sangat membantu mereka mengerjakan tugas dengan baik. Cara melakukan pendekatan dengan orang introvert harus dilakukan dengan pendekatan berbasis profesionalisme, bukan pendekatan personal. Pendekatan personal bisa menimbulkan masalah dalam tim bila dilakukan.

Seringkali orang introvert akan menjadi kambing hitam bila tim gagal mencapai target. Anda perlu melihat dengan lebih objektif dengan melakukan evaluasi kerja individu. Bagi orang introvert, kemampuan individu dalam tim adalah modal utama untuk meraih kesuksesan. Bila orang introvert disalahkan, mereka biasanya tidak akan membela diri. Kecenderungan yang terjadi adalah mereka akan lebih menutup diri dari rekan kerja yang lain.

Melakukan Pendekatan Personal Untuk Menjalin Hubungan Yang Lebih Baik

cara-melakukan-pendekatan-dengan-orang-introvert-3

Bila Anda ingin melakukan pendekatan personal, cara melakukan pendekatan dengan orang introvert adalah dengan melakukan pendekatan secara tulus. Pendekatan yang dilakukan harus secara periodic dan sabar. Mungkin pada saat pertama menyapa, Anda hanya akan diberi senyum simpul. Namun bila dilakukan setiap hari mereka dapat menyapa kembali dengan ramah. Perhatian yang Anda berikan sebaiknya dilakukan perlahan agar memiliki ritme yang baik.

Orang introvert cenderung menutup diri dan tidak ingin menonjol, karena itu, Anda tidak perlu membicarakan prestasi mereka dihadapan banyak orang. Bila mereka berprestasi dalam kerja, cukup berikan apresiasi secara langsung. Hal itu akan menimbulkan kesan yang mendalam dan membangun kepercayaan yang baik untuk membangun hubungan. Orang introvert akan cenderung lebih terbuka kepada orang yang telah akrab dan mereka percayai.

Cara melakukan pendekatan dengan orang introvert yang bekerja sebagai karyawan akan berhasil bila Anda tidak memaksa mereka untuk berperilaku seperti orang lain. Mereka adalah orang yang cukup nyaman bekerja secara tertutup tanpa gangguan hubungan social yang merepotkan. Bila Anda memberikan ruang kepada mereka untuk menikmati kepribadian mereka yang tertutup, maka Anda akan mendapatkan bawahan atau rekan kerja yang produktif dan dapat diandalkan.

Deskripsi: Cara melakukan pendekatan dengan orang introvert atau karyawan yang introvert harus dilakukan sesuai dengan kepribadian yang mereka miliki agar produktifitas dan kerjasama tercapai.