Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kerja Karyawan

Kualitas kerja karyawan tidak hanya dari faktor Training dan gaji saja tetapi masih banyak faktor lain yang akan membuat seorang karyawan menjadi gemilang atau malah sebaliknya. Jika Anda memiliki beberapa karyawan atau bahkan ada banyak perlu tahu indikator dan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lagi tentang seberapa puas pekerja Anda bekerja di tempat Anda dan seberapa pentingkah pekerjaan yang sedang dilakukan di tempat usaha Anda. Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi kinerja dari karyawan tersebut.

Fasilitas Kantor

Beberapa fasilitas dari kantor ini juga sangat berpengaruh dalam memberikan kinerja yang lebih profesional terhadap kualitas pekerja. Dalam hal ini menyangkut bidang pekerjaan masing-masing perusahaan karena tidak semua perusahaan memiliki fasilitas yang sama. Misalkan pada industri kreatif seperti Event Organizer atau bisnis jasa maka bisa menambahkan mesin kopi agar pekerjanya lebih santai dan maksimal dalam memberikan pekerjaannya. Bisa juga ditambah dengan permainan di dalam kantor, seperti perusahaan Google yang memberikan fasilitas tersebut karena menganggap mood dari pekerja memang bisa berubah kapan saja maka dari itu mood juga akan mempengaruhi hasilnya.

Lingkungan Kerja

Kualitas kerja karyawan juga ditentukan dengan faktor lingkungan kerja. Faktor ini meliputi hubungan seorang pekerja dengan rekan kerjanya, lingkungan yang kondusif, jauh dari gangguan, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang juga berpengaruh dengan kualitas kerja karyawan Anda, untuk itu perlu dilakukan evaluasi lagi terkait faktor ini dan bagaimana cara mengatasinya. Jika memungkinkan untuk pembenahan lokasi kerja sebaiknya lakukan saja karena jika masih memberikan hal yang sama setiap tahunnya juga akan memberikan kesan yang biasa saja terhadap perusahaan Anda. Menurut survei sendiri setidaknya ada 70% orang yang resin beralasan lingkungan kerja yang tidak kondusif.

Sistem dan Pembagian Kerja

Masing-masing karyawan memang memiliki jobdesknya sendiri dan tidak saling berpengaruh untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Dari sistem kerja yang jelas dan memiliki alur yang sangat bagus juga akan memudahkan pekerja dalam menghasilkan sesuatu. Banyak perusahaan yang masih memiliki sistem dan pembagian kerja yang tidak teratur bahkan sangat berbelit-belit, di dalam itulah banyak terjadi pembuangan waktu dan tenaga untuk mengerjakan hal yang tidak produktif. Evaluasi lagi tentang jobdesk masing-masing karyawan Anda dan berikan kesempatan mereka untuk mengungkapkan apa keinginan dan cara yang lebih efektif lagi untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Dukungan dari Atasan

Kualitas kerja karyawan juga ditentukan dengan dukungan atasan terhadap bawahannya. Misalkan suatu ketika nanti terjadi masalah yang dihadapi dan berimbas terhadap keuntungan perusahaan maka perlu dilakukan pembenahan dan evaluasi bukannya melakukan pemecatan. Ada banyak CEO yang mengungkapkan bahwa kerja 10 orang yang efektif bisa mengalahkan kerja 100 orang yang biasa saja. Itulah mengapa sangat penting sekali dalam memberikan dukungan terhadap karyawan Anda, bisa dengan memberikan Training atau motivasi pada pagi hari atau bisa juga membuat acara Sabtu makan bersama sehingga terjalin komunikasi yang lebih dekat lagi dengan semua orang yang bekerja.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari faktor dan indikator yang mempengaruhi kualitas kerja karyawan. Semoga dengan mengetahui hal ini Anda bisa melakukan banyak evaluasi dan perbaikan untuk semakin lebih maju lagi. Memperhatikan kerja karyawan dengan hati lebih baik daripada memperhatikan hasil akhir yang kacau karena masing-masing karyawan memiliki tingkat perbedaan pemikiran dan cara kerja.