Kota-Kota Di Indonesia Dengan Biaya Hidup Termahal

Biaya hidup tidak ditekankan dari biaya makan yang mahal saja tetapi juga beberapa faktor lain seperti biaya perumahan, biaya fasilitas, dan faktor biaya yang lainnya. Itulah mengapa yang membuat gaji tiap daerah di Indonesia juga berbeda-beda menyesuaikan dengan biaya hidup tersebut. Ada setidaknya 4 kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal yang memiliki fasilitas kota yang sudah lengkap dan memiliki berbagai infrastruktur yang sangat mendukung. Apa saja kota besar tersebut dan berapa nilai biaya hidupnya setiap bulannya? Langsung saja simak beberapa daftar berikut ini.

Kota Di Indonesia Dengan Biaya Hidup Termahal dan Faktornya

Jayapura dan Kota Di Sekitarnya

kota di indonesia dengan biaya hidup termahal

Kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal yang pertama adalah Jayapura dan sebagian kota lain yang ada di sekitar Papua. Di sini tingkat biaya hidup sangat tinggi karena terdorong masalah akses bahan makanan dan peralatan lain yang harus didatangkan langsung dari pulau lain. Maka dari itu tidak heran jika uang 50 ribu rupiah sangat cepat sekali habis untuk satu item barang saja. Masalah penginapan dan biaya lain di sini juga terbilang sangat tinggi sekali, namun hal tersebut diimbangi dengan gaji UMR yang cukup besar juga sehingga biaya hidup bisa tercukupi. Untuk sekali makan saja dalam keadaan porsi normal bisa dihargai paling murah 30 ribu per porsinya, ya walau sebagian ada makanan yang lebih murah lagi tetapi sudah tidak sarat gizi.

Ambon

kota di indonesia dengan biaya hidup termahal 2

Sama seperti Jayapura karena kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal satu ini juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Ada beberapa hal yang membuat biaya hidup di sini sangat tinggi. Pertama adalah akses yang masih serba terbatas karena kebanyakan menggunakan kapal dan pesawat perintis dan yang kedua adalah bahan makanan yang didatangkan dari daerah lain.  Memang kendala biaya hidup yang tinggi didasarkan akan hal itu tetapi faktor lain seperti pola hidup dan pembangunan infrastruktur menjadi tolak ukur pastinya. Di Ambon juga banyak terdapat tambang yang diberdayakan sehingga membuat biaya hidup yang semakin tinggi seimbang dengan pendapatan daerahnya.

Balikpapan

kota di indonesia dengan biaya hidup termahal 3

Siapa yang tidak kenal dengan kota satu ini, kota paling bersih di Indonesia dan memiliki tata letak kota yang mengagumkan. Terlepas dari itu, Balikpapan juga masuk dalam daftar kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal karena di tempat ini banyak sekali jenis usaha yang berkembang. Maka dari itu juga akan mempengaruhi gaji UMR daerah tersebut. beberapa orang mengatakan bahwa jika ingin hidup di daerah Balikpapan sebaiknya memiliki uang yang lebih agar kehidupan untuk tinggal di sini menjadi lebih layak lagi. Sebetulnya jika dilihat lagi posisi Balikpapan masih sangat strategis dan tidak begitu jauh dari Jawa tetapi perkembangan industri dan pertambangan di tempat ini sangat besar sehingga seimbang dengan biaya hidup di sini.

Jakarta

kota di indonesia dengan biaya hidup termahal 4

Pasti semua orang jika ditanya tentang kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal pasti jawabannya adalah Jakarta. Tepat sekali karena di Jakarta terbukti menempati posisi tersebut karena arus perpindahan penduduk dari daerah ke kota banyak terjadi di Jakarta. Maka dari itu akan berpengaruh pada persaingan penduduk di sini. Tidak jarang pula banyak tempat dengan gaya hidup yang tinggi membuat persaingan harga juga sangat sengit. Di tempat ini juga banyak menyediakan lapangan pekerjaan yang sangat bagus sehingga banyak orang yang rela berbondong-bondong datang ke tempat ini.

Itulah beberapa kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal, sebetulnya masih ada kota lain seperti Pontianak, Bali, dan Surabaya yang memiliki biaya hidup yang sama tetapi masih di bawah standar daerah di atas. Jika ingin bekerja memang harus mencoba untuk datang ke tempat tersebut karena akan banyak kesempatan yang menanti anda.