Metode Cara Perhitungan Simulasi KPR Mudah

Cara perhitungan simulasi KPR mudah. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah lewat KPR, sebaiknya Anda melakukan perhitungan simulasi KPR terlebih dulu. Adapun simulasi KPR  tersebut bukan acuan yang mutlak dari pinjaman KPR namun paling tidak Anda tentunya memiliki gambaran sedikit mengenai bagaimana cara menghitung kredit KPR untuk cicilan rumah. Saat bank telah menyetujui memberikan pinjaman dari KPR, biasanya ada beberapa biaya yang perlu dipersiapkan, seperti biaya notaris, uang muka, biaya provisi, PNBP, BBN, cicilan KPR pada bulan pertama dan pajak pembeli.

Cara Perhitungan Simulasi KPR Untuk Kredit Rumah

Sebenarnya terdapat 3 jenis perhitungan kredit KPR dari pihak bank itu sendiri. Adapun cara perhitungan kredit KPR yang dilakukan pihak bank diantaranya:

1 ) Perhitungan Kredit Menggunakan Bunga Tetap atau Flat

Cara perhitungan simulasi KPR 1

Perhitungan ini termasuk salah satu perhitungan bunga paling sederhana dan mudah. Dimana bunga yang berasal dari kredit tetap akan sama di tiap bulannya. Perhitungan kredit ini untuk cicilan pokoknya sama untuk tiap bulannya. Karena bunga dan cicilan pokoknya sama, dengan begitu angsuran Anda pun tetap sama sampai mengakhiri cicilan. Di samping KPR, perhitungan kredit untuk bunga tetap atau bunga flat ini pun digunakan dalam KTA atau kredit tanpa agunan.

Adapun cara perhitungan simulasi KPR untuk bunga tetap ini, jumlah total bunganya berasal dari bunga tiap bulan dikalikan dengan lamanya pinjaman berdasarkan bulan.

2 ) Perhitungan Kredit Menggunakan Bunga Efektif

Cara perhitungan simulasi KPR 2

Adapun untuk perhitungan kredit ini, bunga kredit sendiri dihitung berdasarkan saldo akhir dari cicilan pokok untuk tiap bulannya. Degan begitu cicilan KPR sendiri berubah-ubah di tiap bulan. Selain itu, nilai bunga pun semakin mengecil dengan begitu angsuran pun akan mengecil. Seperti misalnya jumlah angsuran yang kedua lebih kecil dibandingkan angsuran pertama, begitu pun seterusnya. Dalam perhitungan kredit ini terkenal istilah yang bernama sliding rate.

3 ) Perhitungan Kredit Menggunakan Bunga Anuitas

Cara perhitungan simulasi KPR 3

Perhitungan kredit ini umumnya banyak dipakai bank-bank yang menyalurkan KPR di negara Indonesia. Adapun perhitungannya sendiri tergolong lebih rumit daripada kedua jenis perhitungan bunga di atas, bahkan ada kalanya perlu memakai software khusus. Sementara bunga sendiri dihitung sesuai pokok yang masih belum dibayar. Peranan bunga ini adalah mempermudah nasabah untuk membayar kredit di tiap bulannya sebab angsurannya sama.

Bunga ini memakai angsuran pokok dan komposisi bunga dengan jumlah berbeda, yang mana jika cicilan bunga semakin mengecil, dengan begitu cicilan angsuran yang pokok pun akan membesar. Umumnya dimulai dari cicilan bunga membesar di tahun pertama cicilan. Sementara sesudah memasuki pertengahan dari tenor kredit, maka cicilan bunga pun mengecil dan cicilan pokok membesar.

Sebenarnya kebanyakan bank-bank yang ada di Indonesia sendiri memakai metode anuitas untuk perhitungan bunga kredit KPR. Sebelumnya Anda perlu memperhatikan beberapa poin. Di awal-awal, sebanyak 50% lebih dari cicilan kredit KPR yang dibayarkan per bulannya dipakai untuk pembayaran bunga, sementara 50% kurangnya untuk pembayaran cicilan pokok.

Jumlah cicilan pokok tersebut tentunya akan berpengaruh ketika Anda hendak melunasi cicilan KPR yang lebih awal, maupun saat Anda hendak mengambil sistem KPR bernama take over. Maka dari itu, Anda perlu meminta jadwal pembayaran atau amortisasi hutang dari bank. Adapun dokumen tersebut memberikan simulasi dari jumlah cicilan pokok yang masih tersisa untuk tiap bulannya. Demikian ulasan mengenai cara perhitungan simulasi KPR mudah.

Deskripsi: Cara perhitungan simulasi KPR dengan mudah. Ada beberapa metode perhitungan simulasi KPR, yakni dengan metode bunga tetap atau flat, bunga efektif dan bunga anuitas.